Wednesday, December 31, 2014

Tips Mendaki Tanpa Menghasilkan Sampah

Mayoritas sampah yang dihasilkan dalam pendakian gunung adalah berasal dari kemasan makanan yang kita bawa. Ketergantungan kita terhadap makanan dalam kemasan, menjadi budaya yang berdampak buruk bagi kelestarian alam. Berikut tips zerowaste adventure untuk mendaki tanpa menghasilkan sampah sama sekali :

1. Jangan bawa makanan instan
Jangan membawa mie instan, makanan kaleng, dan makanan lainnya yang berkemasan. Bawa perbekalan yang lebih alami seperti sayur-sayuran, telur, buah-buahan, daging/ikan mentah ataupun matang. Begitupun dengan bumbu masak, jangan bawa bumbu jadi dalam kemasan (bumbu sop, bumbu kare, dll) terkecuali garam, merica, dan gula. Perbekalan makanan dibawa dalam wadah-wadah, yang ukurannya disesuaikan kebutuhan.

2. Jangan Bawa Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)
Minum adalah salah satu perbekalan penting dalam pendakian. Air mineral menjadi pilihan yang mainstream, karena dinilai simple untuk bisa segera dibuang setelah pendakian selesai. Berhenti membawa botol minum plastik sekali pakai ini yaa. ganti dengan membawa botol minummu sendiri (reusable bottle). Jumlah dan ukuran botol minum yang dibawa, disesuaikan kebutuhan.

3. Kantong Plastik Hanya Untuk Safety Prosedure
Minimalisir penggunaan kantong plastik. Cukup gunakan satu trashbag untuk safety prosedure packing. Trashbag tersebut juga bisa kalian gunakan berkali-kali setiap akan kembali mendaki. Jangan buang sehelai plastik pun di gunung

4. Jangan Sedang Menstruasi
Khusus untuk perempuan, sebaiknya tidak mendaki saat sedang menstruasi. Mendaki saat menstruasi, berarti akan meghasilkan sampah pembalut. Jadilah pendaki yang bijak dengan menghindari membuang sampah pembalut di gunung yang kalian daki.






Karena..
Yang egois, membuang dan meninggalkan sampah di gunung,,
Yang peduli, membawa turun sampah dari gunung,,
Yang Bijak tidak memproduksi sama sekali sampah saat mendaki... You Choose

Salam,
zero waste adventure

No comments:

Post a Comment