Thursday, June 4, 2020

Cara Agar Mendapatkan Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan untuk Pencairan JHT

Dok Pribadi


INI akan jadi artikel saya satu-satunya yang gak membahas soal zero waste. Hehe. Artikel ini dibuat, berdasarkan pengalaman pribadi untuk informasi aja bagi teman-teman yang juga kesulitan mendapatkan antrian online BPJS Ketenagakerjaan. Supaya gak usah jelasin satu-satu, saya bikin artikelnya saja, biar gampang di share.

Buat saya, mengambil antrian online BPJS Ketenagakerjaan lebih sulit dibandingkan mengambil antrian online untuk membuat paspor. Setelah beberapa kali mencoba, ternyata ada jam tertentu dimana peluang untuk mendapatkan antrian lebih besar.


Untuk catatan, saya mengurus BPJS Ketenagakerjaan di masa pandemi Covid-19, sehingga semua proses berlangsung online, tidak ada tatap muka dengan petugas, dan tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan sama sekali.


1. Ambil Antrian Online Tengah Malam Pukul 00.00 WIB


Yak! To the point aja, ini kuncinya. Ambil antrian onlinenya tepat tengah malam gais.

Buka alamat antrian online BPJS Ketenagakerjaan di https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/ Pastikan kamu membuka alamat tersebut tepat tengah malam di jam 00.00. Kalau lebih dari beberapa menit (misalnya 00.05), bisa jadi antrian sudah langsung terisi penuh.

Sebelumnya saya mencoba mengambil antrian di pagi hari, tidak pernah berhasil. Kemudian mencoba lebih pagi (subuh), juga tidak pernah berhasil. Siang dan malam hari apalagi.

Ketika mencoba di tengah malam, ternyata berhasil. Pengambilan antrian online di tengah malam, bagi saya berhasil sebanyak dua kali. Karena saya terpaksa mengambil ulang antrian, karena pengajuan pertama tidak diproses akibat salah satu persyaratan bermasalah (saya jelaskan di poin selanjutnya).

Asumsi saya, kenapa mengambil antrian berhasil di tengah malam, mungkin karena sistem aplikasi antrian dibuka per pukul 00.00, atau setiap pergantian hari.

Tips saya, isi formulir antrian online sebelum pukul 00.00 (kecuali untuk kolom pilihan tanggal). Sehingga, saat pukul 00.00 tepat, anda tinggal mengisi kolom pilihan tanggal yang tersedia. Insyaallah, kalau waktunya tepat di jam tersebut (tidak terlambat beberapa menit), akan tersedia pilihan tanggal untuk mendapatkan nomor antrian.

Kalau antrian penuh, kolom pilihan tanggal tidak tersedia atau tidak bisa di-klik.


2. Pastikan Persyaratan Lengkap dan Tidak Bermasalah

Setelah mendapatkan antrian online, kamu akan mendapatkan email tanda bukti antrian online, dan diminta untuk segera mengirim scan sejumlah berkas asli (bukan foto copy) melalui email. Berkasnya:

- Kartu BPJSTK
- KTP
- Kartu Keluarga
- Surat Verklaring /
- Buku Rekening
- Foto Diri terbaru
- Formulir Pengajuan JHT (Download)
- NPWP

Pastikan semua berkas di atas lengkap, tidak bermasalah. Saya sempat sedikit bermasalah dengan KTP, karena belum blanko E-KTP. Pengajuan pertama pencairan JHT saya tidak diproses karena masalah KTP tersebut.

Lalu setelah mengurus KTP ke Disdukcapil, saya kembali mengambil antrian online BPJS Ketenagakerjaan, dan pada pengajuan kedua kalinya ini diproses tanpa ada masalah.

Jangan lupa, email yang tercantum di formulir pendaftaran antrian, harus sama dengan email yang mengirim berkas-berkas tersebut.


3. Konfirmasi Ulang Pengiriman Berkas

Setelah berkas-berkas dikirim, kamu tinggal menunggu hari H sesuai tanggal antrian yang kamu dapatkan. Nantinya H-2 sebelum tanggal antrian, akan ada email lagi berisi perimntaan konfirmasi untuk mengirim ulang (melalui email) berkas-berkas yang disebut di poin 2. Kali ini, pengiriman file berkas disertai screenshot bukti antrian online (ada di email pertama yang kamu dapatkan dari BPJS Ketenagakerjaan).


4. Verifikasi Lewat Video Call

Ini yang menarik sih, karena saya memang mengurus pencairan JHT di masa pandemi Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan mengubah sistem pencairan JHT menjadi online, tidak ada tatap muka secara langsung sama sekali.

Pada hari H tanggal antrian online yang kamu dapatkan, petugas akan melakukan verifikasi berkas melalui video call whatsapp. Petugas akan mengirim pesan terlebih dahulu sebelum video call, agar kita menyiapkan dulu semua berkas.

Siapkan semua berkas asli untuk diperlihatkan ke petugas saat video call. Petugas akan meminta kita memperlihatkan berkas satu per satu.

Setelah verifikasi selesai, JHT akan cair dalam 5 hari kerja.

Semoga berhasil yaaa.***

No comments:

Post a Comment