Saturday, October 5, 2013

Start From Home!


Start From Home !

Mulai dari hal yang kecil, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang (Aa Gym).

Udah gak asing lagi sama kalimat kutipan ustad ternama Abdulah Gymnastiar itu kan? Yang Aa Gym bilang itu emang super duper sangat bener banget sekali pisan. Sebelum kita bisa membuat sesuatu hal yang besar, semuanya harus dimulai dulu dari hal yang kecil.

Kutipan Aa Gym itu, satu nafas dengan seorang filsafat asal China, Lao Tzu. Mungkin pada pernah denger juga? The journey of a thousand miles begins with single step (Ribuan mil perjalanan dimulai dari dengan sebuah langkah).


Ini yang saya terapkan dalam perjalanan zero waste adventure saya. Perjalanan ini muncul gak semata-mata terjadi gitu aja. Perjalanan zero waste adventure ini saya rencanakan bukan karena untuk satu kali perjalanan doang. Bukan.

Sebelum muncul ide zero waste adventure ini, saya lebih dulu memulainya dengan mengubah gaya hidup. Ya,, zero waste start from home. Memulai zero waste menjadi gaya hidup di rumah.

Kebetulan, setelah menikah Mei 2013 kemaren, saya tinggal di kost sama suami. Jadi, ini memudahkan saya untuk bisa memulai zero waste life style. Gak ribet juga karena memang belum punya banyak barang :D

Nggak munafik, saya belum sepenuhnya total tidak memproduksi sampah. Masih ada beberapa sampah yang saya produksi, seperti misalnya sampah bekas produk alat mandi.  Tapi saya mencoba meminimalisir dan menekan jumlah sampah yang saya hasilkan. Well, namanya berproses yaa :)

Berikut tips sederhana saya dalam zero waste lifestyle :

Minum
- Enggak beli air minum dalam kemasan (AMDK).
- Maksimalkan minum air putih dari air galon dispenser. Habis? Tinggal beli isi ulang.
- Selalu bawa botol minum sendiri kemana-mana.

Belanja
- Diet Kantong Plastik ! Hindari kantong plastik sebisa mungkin
- Jangan belanja di supermarket besar ataupun minimarket (memicu potensi penggunaan kantong plastik)
- Belanja di pasar-pasar tradisional
- Bawa kantong belanja sendiri
- sebisa mungkin belanja bahan makanan yang tanpa kemasan (misal : Beli beras di toko beras,  langsung bawa wadah berasnya. Atau beli daging mentahan, jangan semacam nugget yang udah dalam kemasan)
- jangan lupa selalu bawa wadah makanan kosong di dalam tas, setiap kali pergi. (Bisa untuk beli daging, atau kalau tiba-tiba ingin jajan di jalan, sejenis rujak / batagor/ dll)
- Belanja seperlunya! The less you bring home, less trash you will produce. See? Less is more :)

Konversi Makanan/Minuman
- Pakai teh bubuk. Jangan Teh sachetan.  Teh bubuk biasanya cuma dikemas dalam bungkus kertas. Jadi, lebih ramah lingkungan. Selain itu, ampasnya juga organik. Keuntungan lainnya, teh bubuk lebih wangi dan nikmat.
- Gunakan kopi dalam kemasan botol kaca. Jangan beli yang sachetan. Atau kalau suka kopi hitam, bisa beli yang bungkus besar (ini meminimalisir sampah yang dibuang). Recomended kalo kopi hitam sih, kopi aroma.. Kopi aroma dibungkusnya pake kemasan kertas ;) .. Jangan lupa, kalau beli kopi dalam bungkus besar, dipindahin ke toples kaca ya. Biar awet.
- Mengurangi makan mi instan. Meskipun enak banget, tapi mie instan ini sampahnya ga bisa dihindarin bro.. Jadi, milih hindarin mie instan. Kalo kebelet banget, boleh sekali-kali aja. Selain meminimalisir sampah, toh ada bagusnya gak sering-sering makan mie :)
- Lebih sering belanja sayur-sayuran. Beli sayur jangan di supermarket, percuma soalnya mereka dibungkus pake plastik! Belanjanya di abang-abang sayur yang lewat, kalau ngga di pasar tradisional.
- Lebih sering beli buah-buahan buat ngemil. Soalnya mulai jarang beli snack-snack dalam kemasan..

Takakura/ composter
- Sediain takakura / composter sederhana di rumah
- buat saya, ini salah satu syarat penting kalo kita mau memulai zero waste life style.
- takakura / composter berfungsi untuk membuang sisa-sisa makanan, atau sampah organik lainnya yang kita buang di rumah.
- gimana cara bikin takakura sederhana? Nanti saya jelasin di tulisan selanjutnya ya.

Membiasakan diri dengan gaya hidup zero waste,, lalu membawa saya untuk bisa memulai Zero Waste Adventure.
Zero waste is easy!  Once you know how, you will wonder what took you so long :)

Salam! Pieta ,,

No comments:

Post a Comment